Konsep Teknologi Perkantoran
Modul Teknologi Perkantoran
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual
office
4.1 Melakukan pengelompokkan teknologi perkantoran, otomatisasi
perkantoran, dan virtual office
A. Konsep Teknologi Perkantoran
1. Pengertian Teknologi Perkantoran
Teknologi merupakan
keseluruhan sarana Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang
diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan, kantor
merupakan Tempat berlangsungnya pekerjaan kantor, yakni mencatat, menghimpun,
mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan.
Jadi, teknologi perkantoran adalah teknologi yang digunakan dalam
mengaplikasikan kegiatan kantor tentang bagaimana proses mencatat, menghimpun,
mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan-bahan keterangan yang
diperlukan menjadi efisien dengan menggunakan mesin-mesin kantor.
2. Manfaat Teknologi Perkantoran
Adanya perkembangan teknologi perkantoran sangat menguntungkan bagi
pekerja kantoran. Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dalam
pemanfaatan teknologi perkantoran.
a. Informasi menjadi lebih murah dan mudah digunakan
b. Perusahaan mampu berkompetisi lebih baik karena dapat meletakkan landasan
yang kuat untuk integrasi informasi
c. Komputer diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah
d. Sebagai pelengkap bukan pengganti
e. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan
3. Dampak positif dan dampak negatif perkembangan teknologi perkantoran
a. Dampak positif
Dampak positifnya dapat kita lihat dari beberapa segi antara lain
terhadap:
1. Tenaga penggeraknya
-
Mutu/kualitas
tenaga kerja meningkat
-
Disiplin dan
gairah kerja naik
-
Beban tenaga dan
pikiran menjadi relatif lebih ringan
-
Pendapatan
tenaga kerja meningkat
2. Prosedur kerja
-
Semakin mudah
-
Semakin lancar
-
Semakin
sederhana (singkat)
-
Efisiensi kerja
3. Hasil kerja
-
Kualitas produk
meningkat
-
Kuantitas produk
meningkat
-
Standar mutu
tertentu terpenuhi
-
Keseragaman/keragaman
bentuk dan ukuran produk sangat akurat
b. Dampak negatif
Adapun dampak negatif dari perkembangan teknologi perkantoran, yaitu:
-
Sulit mencari
tenaga kerja dengan kemampuan keterampilan tertentu.
-
Menambah
pengangguran (tenaga kerja yang dibutuhkan sedikit)
-
Pemeliharaan
mesin yang kurang baik, akan menimbulkan pemborosan
-
Jika terjadi
penggantian mesin baru akan berakibat pada perubahan metode, prosedur dan perlu
diadakan pelatihan tenaga kerja.
4. Penggunaan Perlengkapan Kantor
Perlengkapan kantor sangat menunjang kinerja pegawai. Berikut macam-macam
perlengkapan kantor berteknologi canggih yang dapat menunjang kinerja pegawai.
1. Word processing
Word processing adalah penggunaan peralatan elektronik yang otomatis melakukan beberapa
tugas dalam pembuatan dokumen ketik atau cetak.
Jenis-jenis word
processing di antaranya Microsoft Word, AbiWord, Kword, OpenOffice, WordStar,
Lotus Word Pro, Corel Word Perfect, dan StarOffice Writer.
2. E-mail
E-mail merupakan kependekan dari electronic mail, dalam bahasa Indonesia
disebut surat elektronik. Dinamakan dengan surat elektornik karena surat
dikirim melalui media elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet.
Penyedia email yang terkenal antara lain Gmail (Google Mail) dan Ymail
(Yahoo Mail).
3. Voice Mail
Voice mail mempunyai fungsi yang sama dengan electronic mail, yaitu untuk
mengirim pesan. Hanya saja, pesan yang dikirim berupa pesan suara. Oleh karena
itu, pengiriman voice mail hanya dapat dilakukan dengan perangkat
telepon.
4. Audio Conferencing
Audio conferencing merupakan cara komunikasi suatu kelompok dalam rapat khususnya dalam
lingkup perusahaan yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon di mana
anggotanya tersebut tidak berada pada satu tempat yang sama. Audio
conferencing menggunakan peralatan, seperti mikropn, pengontrol suara, dan speaker.
5. Video conferencing
Video conferencing yaitu kegiatan berdiskusi yang memanfaatkan siaran video secara langsung
untuk menghubungkan kelompok diskusi lain yang berada di tempat berbeda.
B. Kantor Virtual
Di era modern seperti sekarang ini muncul istilah berupa kantor virtual
atau virtual office merupakan sebuah ruang kerja yang berlokasi di dunia
internet.
Kantor virtual mulai dicetuskan pada tahun 1964 ketika international
business machines (IBM) memasarkan mesin yang disebut MT/ST (magnetic
tape/selectic typewriter) virtual office pertama kali dibangun dalam
modul-modul yang diakses secara terpisah.
Manfaat menerapkan Virtual Office dalam bisnis:
1. Kantor Virtual lebih fleksible
Bekerja secara online, kita akan lebih fleksible dalam menentukan waktu
kerja.
2. Kantor Virtual lebih hemat biaya
Kantor virtual tidak mengharuskan memiliki peralatan yang harus ada dan
mendukung keberadaan sebuah kantor. Cukup dengan seperangkat komputer dan
sebuah koneksi internet maka kantor virtual sudah dapat dioperasikan, sehingga
dapat menghemat baiaya dibandingkan kantor permanen.
3. Banyak pilihan pekerjaan dalam kantor virtual
Banyak pekerjaan yang terdapat dalam dunia maya. Pekerjaan yang tersedia
tidak hanya di Indonesia, tetapi juga pekerjan dari luar negeri dapat kita
dapatkan dengan mudah
4. Penghasilan tidak terbatas dalam kantor virtual
Semua pekerjaan apabila ditekuni akan membuahkan hasil yang tidak
terbatas, termasuk pekerjaan dalam kantor virtual. Pekerjaan online
menguntungkan kita untuk mendapatkan pemasaran sebanyak-banyaknya dan honor
yang dibayarkan sesuai dengan pekerjaan yang kita kerjakan.
5. Banyak mempunyai waktu luang dengan keluarga
Kantor virtual dapat dibangun di mana saja, termasuk dalam rumah. Dengan
begitu kita akan mempunyai lebih banyak waktu luang dengan keluarga.
Komentar
Posting Komentar